Journey

Tips Ngirit Makan-Minum di Thailand

Berhubung aku balik-balik kurus, dan ditanyain resep turunin berat badan apa…

Jawabannya: JADI MISKIN DI NEGARA LAIN AJA!

Selama 6 bulan di Thailand aku mencoba ngirit makan-minum, soalnya duitnya pengen aku tabung-tabung buat explore provinsi lain di Thailand. Yee… padahal mah misqueen aja sih hahaha nah ini dia beberapa tips versi aku kalau kalian main ke Thailand dan pengen ngirit dimakan-minumnya..

  1. Bawa air minum kemana-mana, kalo bisa bawa yang botol 1 liter bawa aja! Soalnya bisa diisi ulang di mesin isi ulang gitu, dan harganya cuma 1 baht (450 rupiah) dapet 1 liter air!
  2. Jangan banyak jajan street food yang isinya sedikit! Kalo kalian beli sate-sate atau bakaran yang harga 20baht gitu ya cuma buat icip aja satu gitu, tapi ada beberapa opsi jajan street food yang 20baht aja udah dapet buanyak dan bisa keitung makan karena bener-bener kenyang!Salah satu favoritku ada roti guede kaya bakpao, dalemnya selai sarikaya, ada coklat, ati-ati ada daging babi juga, kacang, dll 20baht udah dapet 2roti yang bikin kenyang pool! aku beli ini biasanya sisa dan bisa sama buat makan besok, Ini dia penampakannya
    Roti ini enak banget, epic dah kalo lagi anget-angetnya! Seplastik isi 2.

    Ada lagi! Jadi dia kaya tepung dicampur sayuran gitu terus digoreng, ada yang dicampur jagung juga 20baht bisa kenyang! Kalo ini mah hampir tiap hari aku belinya, kadang kalo laper banget aku minta tambahan 10baht hehe

    Yang ijo itu yang sayur, yang kuning keemasan jagung

     

  3. Ini udah pasti buat orang-orang yang main ke Thailand sih, minum Thai Tea! yang banyak! mungkin beda lambung beda kondisi juga ya, tapi aku minum segelas Thai Tea 20baht yang biasanya seukuran cup venti Starbucks, bisa kenyang dari jam 10 siang sampe sore hehehe
  4. Kalo mau makan fancy, saranku yang bisa share sama temen, nah salah satu rekomendasi aku sih makan all you can eat (grill) atau makan Thai hot pot (Jim Joom).Jadi, orang Thailand itu kan suka banget sama makanan yang share di tengah kaya masakĀ sendiri ala Hanamasa gitu. Nah buanyaak banget tuh restoran all you can eat yang bisa kalian kunjungin bareng temen, haruus banget pas kondisi luaapeer buangget dan lamain di situ! sambil ngobrol seharian gitu kek, biar sepadan sama duitnya hahahaRata-rata harga restaurant all you can eat 200-300 baht yang murah gitu dan kalian bisa makan aneka seafood, daging, macem-macem sama minum sama hidangan pencuci mulut juga semuanya dah tinggal ambil-makan-ambil terooss.Nah.. Jim Joom itu hotpot-nya bukan grill, sejauh yang aku tau sih Jim Joom ada yang babi sama ayam, kalo ini itungannya sekali hidang bisa buat 2-3 orang sih aku biasanya, harganya super murah! cuma 160-200 baht udah sama minum soda botol yang paling gede buat di-share.
    Isinya ada sawi putih, telur, aneka sayuran ijo (bayam, sejenis kemangi, dll gitu) sama ayam. Perlu diinget ya, ini itungan kenyang tanpa nasi, kalo kalian ber-4 atau 5 tinggal minta tambah nasi aja kok. Aku ada langganan di area kampus Rangsit, nggak tau kalo di Bangkok harganya bakal berapa. hehehe
  5. Jangan makan di restoran cepat saji! karena sekali kalian makan di sana bisa habis 100baht lebih dan itu tanpa nasi, sedangkan di beberapa kuliner pinggir jalan harganya dibawah itu dan kadang udah bisa makan nasi kenyang sama ayam hainan atau sejenisnya. Cari aja warung kaya ‘warteg’ gitu…. Eh ngga tau lah istilahnya apa, pokoknya mah yang pilihan lauknya banyak, nah di situ lebih murah tuh.

    Tapi rata-rata ‘warteg’ yang aku maksud banyaknya di foodcourt gitu, area kampus mah cuma 25-30baht seporsi itu aja 30baht udah dapet ayam banyak juga, kalo di mall-mall gitu seporsi harga 50-100baht udah kenyang bego.

    Buat kalian yang muslim, berhubung satu-satunya yang katanya punya label halal itu cuma KFC, poin ini buat yang masih ‘nego’ soal makanan ya, kalo yang strict sama label halal gitu tenang~ Ada banyak restoran halal kok di Thailand, bahkan di area yang jauh dari tempat wisata juga ada beberapa warung halal. Kalo aku mah tau sendiri ya, banyak pantangan makan, makanya aku masih suka ‘nego’ label hehehe

    Tapi enaknya makan di KFC/Pizza Hut/sejenisnya di Thailand itu sebagian besar restoran cepat sajinya bisa refill soda! ada mesin isi ulangnya sendiri gitu buat nambah es sama minumnya. hehe jadi kalo pengen ke restoran cepat saji tapi sepadan sama harga, ya minumnya dibanyakin sampe kenyang wkwkwkwk

Sepintas dipikiran aku itu sih, nanti kalau ada inget-inget apa gitu yang masih kelewat, bakal aku update. Makanya, save aja page ini, terus cek saat kalian butuh hehehe kali aja ada tambahan lagi.

Terimakasih banyak.

Share this post to your friends!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *