Category Design

Review Situs Tular Nalar: Konten Ciamik, Visual Menarik!

KALIAN SEBEL SAMA BERITA-BERITA HOAX YANG SUKA DIBAGI DI GRUP WHATSAPP KELUARGA? DAN MIKIR

“INI GIMANA SIH CARANYA NEGOR KELUARGAKU BUAT NGGA SHARE BERITA HOAX? CAPE AKU TUUU 😭 “

OMG SAMA!! 😭😭😭

KALIAN SEBEL SAMA KOMEN BULLY-AN TEMEN KALIAN YANG BIKIN KEPIKIRAN ‘EMANG ADA YANG SALAH YA DARI POSTINGANKU?’??? SAMA!!

TERUS-TERUS….. KALIAN SUKA SEBEL NGGA SIH SAMA GEMINI YANG SUKA GHOSTING NGGA JELAS??😭 UPSS YAAH KELEPASAN ☚ī¸â˜šī¸


Tapi tau nggak sih kalo ternyata memerangi hoax tuh ada kelas daringnya??
Aku juga baru tau! Ajaib kan ya?! Eits jangan salah, memerangi berita hoax ternyata bisa dipelajari nih, gratis pula!

Jadi guys….

Ada situs dimana kita bisa belajar online buat memerangi berita misinformasi dan disinformasi di internet, namanya Tular Nalar. Tular Nalar ini platform gratis tissss untuk semua orang belajar berpikir kritis dan bagaimana menyikapi arus berita yang terkadang salah di internet sekaligus bisa diaplikasikan dikeseharian ketika menjadi Warga Digital.

Tentunya media pembelajaran ini terjamin ke-absahan dan kredibilitasnya karena materi-materi yang ditampilkan didapatkan langsung dari ahli literasi media dan digital. Gimana nggak terjamin, kalau ternyata Tular Nalar ini hasil kolaborasi dan dukungan dari lembaga besar dan terpercaya seperti MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), MAARIF Institute, Love Frankie, dan Google.org.

Kalau soal konten, nol kritik lah dari aku, cuma karena blog ini seringnya bahas desain, kayanya dari review lain belum ada yang bahas soal tampilan secara detail. Mari kita bedah dari sisi desain tampilan situsnya yuk!

Tampilan Situs Tular Nalar Desktop
Tampilan Situs Tular Nalar handphone

CATATAN, aku mengakses situs Tular Nalar kali ini melalui 2 gawai, laptop dan handphone, laptop Apple 13.3 Inch Iphone SE (Versi lama), perlu dipertimbangkan juga kalau tampilan yang ada di gawaiku bisa saja berbeda layoutnya atau detail kecil karena resolusi yang berbeda di setiap gawai.

Oke, kita mulai dari…

Header

Header menu sudah oke, navigasi nya jelas, kalau kita pengen tau soal program belajarnya atau pengen tau Tular Nalar ini apa, nggak usah scroll-scroll jauh ke bawah, tinggal klik menu bagian ‘Tentang Kami’ aja.

Satu catatan, logo situs di bagian kiri atas tampilan desktop mungkin bisa agak dikecilin dikiiiit biar ada space bagian bawah logo nggak kemepetan banget, dan yang aku lihat dari tampilan handphone ukurannya sudah oke cuma mungkin bisa digeser beberapa pixel sedikit ke kiri.

Body

Runtutan konten sudah padat dan jelas, ditambah video teaser yang menarik dan bisa memperjelas informasi yang ada di bagian beranda.

Cumaaa, di bagian laman materi belajar online, kolom list materi yang ada 8 di sebelah kiri, waktu diklik judul materi yang cuma 1 baris, 8 materi bisa termuat di kolom. Sedangkan ketika diklik materi yang judulnya 2 baris (misal: Menjadi Warga Digital) tampilan materi hanya sampai ke-7, jika mouse di hoover ke bagian list menu juga tidak bisa scroll judul hingga judul ke-8. Sehingga kita harus membuka salah satu judul materi yang berisi dua baris dan scoll hingga materi habis baru judul ke-8 muncul. Minor sekali, cuma masalah judul ke-8 muncul atau tidak hehehe đŸ˜Ŧ✌đŸŊ

Tampilan judul ke-8 yang hilang
Tampilan judul ke-8 yang muncul

Ada bagian tampilan Sumber Lain, di laptop normal saja, cuma waktu dilihat di handphone tampilan terlalu rata kiri, jadi scroll agak jauh.

Tampilan bagian Sumber Lain yang terlalu rata kiri

Footer

Bagian footer situs melalui laptop dan handphone ada sedikit lebihan kotaknya di bagian bawah hehehe selebihnya oke banget kok, logo dibikin besar kelihatan bagus dan pas di footer.

Footer yang ada lebihnya sedikit

Secara Keseluruhan

Kombinasi warna asik banget dan pas, nggak ada tulisan mengganggu yang bikin nggak proporsi atau nggak terbaca baik terlalu besar atau terlalu kecil, entah warna yang miss atau gambar yang miss-placed. Sudah responsif situsnya secara keseluruhan entah dibuka di layar yang besar maupun kecil.

Maaf sekali kalau review ini terkesan atau terlihat terlalu perfeksionis 🤭 tapi tergantung preferensi juga, saran dan review ini bisa diambil untuk dipertimbangkan atau tidak juga tidak masalah. Toh semua fungsi tombol dan laman di situs berjalan baik tanpa ada kesalahan fatal, cuma perkara proporsi tampilan secara visual sajaaa đŸ˜Ŧ

Jika dirangkum, pengalaman di situs ini dari skala 1-10 aku kasih 8, karena simple dan fungsi yang tepat guna. Salut untuk tim yang bekerja dibalik layar situs maupun platform lain Tular Nalar, semoga bisa berguna seterusnya dan semakin banyak orang mengetahui situs baik ini.

Jadi guys, saran dari aku, next time kalau kalian pengen negor keluarga dengan ‘please educate yourself’ cara yang halus, bilang aja;

Om Tante Ayah Ibu, ayo belajar berpikir kritis di Tular Nalar. Biar bisa nyikapin berita hoax yang diterima. Gratis Om Te Yah Bu! Sambil masak sayur buat makan malem atau sambil mandiin burung sore-sore juga bisa.

Jangan lupa ditambah ‘hehe’ diakhir kalimat biar terkesan kalian anak yang santuy kayak di pantuy.

Atau kalau mau dimusuhin satu keluarga, kirim meme ini aja xixixixi

JANGAN DING, JANGAN COBA-COBA MEMULAI KERIBUTAN DI DUNIA DIGITAL TERUTAMA DI GRUP KELUARGA PLIS!!

Sampai jumpa diartikel review lainnya.

Cheers ✌đŸŊ

Share this post to your friends!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *