Design

Ide Baru

Minggu lalu, tepat tanggal 6 aku ngunjungin sebuah event yang bener-bener nginspirasi aku sebagai desainer, juga pegiat industri kreatif. Event yang aku maksud namanya Bangkok Art Book Fair, di mana para desainer, illustrator, fotografer, penjual buku seni, dan seniman bertemu untuk berdiskusi juga menjual karya.

Kurang lebih seperti ini gambarannya

Untuk masuk ke area pameran, aku harus bayar 60baht (27.000an lah kalo dirupiahin), hari pertama aku dateng, aku masih dapet handbook berisi detail acara, dan pengisi stand-stand. Hari ke-2 aku dateng, udah nggak dapet handbook, tapi tetep bayar hahaha.

Bermodal google map, dan viabus, akhirnya aku sampe venue dengan selamat tanpa nyasar. Venue acara sebenernya kecil, mungkin ukurannya sama kaya 2 cafe kecil yang masih dalam 1 area. Tapi bangunannya ala-ala minimalis modern dan terkesan un-finished gitu luarnya, tapi aku suka banget!

Kurang lebih denah venue-nya kaya gini

Berhubung aku datengnya hari pertama udah malem, hari kedua datengnya cuma bentar dan agak keburu-buru, aku selalu kelewatan sesi workshop, bedah buku, dan sharing. Sebenernya sayang banget buat dilewatin, tapi kalo harus 3x dateng ke mari, duitku abis diperjalanan dong 🙁 Maka dari itu, mari bahas pameran buku dan bazaar-nya aja ya 🙂

Pameran Buku & Poster

Lebih tepatnya display buku dan poster sih, soalnya bukunya cuma ditaro di rak buku gitu terus ada meja di bagian tengah, jadi kalo mau baca buku bisa sambil duduk di situ. Oh iya, workshopnya di area meja sini juga ya (aku liat dari foto sama video footage mereka) jadi kalo lagi barengan sama workshop/bedah buku/sesi sharing mungkin agak susah buat explore semua buku yang didisplay, atau malah nggak didisplay(?) :/ Bukunya rata-rata buatan seniman/desainer lokal, ada sih beberapa dari publisher Singapore (Jepang ada juga kayanya, aku lupa) tapi yang bikin salut sih dari semua buku-buku sama artwork yang dipajang, seluruhnya (kayanya) diterbitin sama publisher indie. Btw, hampir semua buku yang dipajang di area ini bisa dibeli di bazaar-nya ya.

Di meja display dekat pintu masuk ada poster-poster dimasukin dimap gitu, posternya rata-rata bahasa sama style-nya jepang banget, mungkin 90% lah. Buaaguuusss semuaa!! Parah, aku liatnya senyum-senyum sendiri, sembari hampir nangis meratapi desainku yang nggak ada apa-apanya ini 🙁

 

Bazaar buku

Ada 55 stand atau bisa dibilang meja sih lebih tepatnya, nge-jual buku-buku artwork, arsitek, buku tentang font, notebook, macem-macem deh. Mulai dari seniman, komunitas kecil di sebuah kampus, sampai publisher buku dari negara lain, ada! Lokasi ini nggak pernah sepi pengunjung, mungkin dalam sehari bisa ada 100-300an orang dateng, entah emang nongkrong lama di area venue setelah nonton bazaar sama pameran, atau cuma mampir bentar terus cabut kaya aku, yang pasti selalu sesak sih.

Buku yang dijual buagus-bagus semua! Mungkin kalo aku kalap, bisa miskin seketika di sini! Referensi desain, ilustrasi, foto, yang gaya kaya apa aja ada! Aku beli poster, postcard, sama flipbook artwork terkeren versiku hehe, selebihnya titipan sih.

Walaupun acara ini baru diselenggarain dua kali dan yang pertama tahun lalu, tapi menurutku udah keren banget! Mulai venue, pengisi acara, sampe pengisi standnya keren-keren! Jadi pengen jadi publisher seniman sama desainer lokal deh hehehe soalnya kayanya nih aku pernah tau quotes dari nggak tau siapa, yang bilang kalo kita butuh banyak desainer yang menulis.

Mungkin dari nerbitin karya-karya mereka bisa kali ya? Orang aku sendiri juga belum bisa konsisten sama desainku, cari yang udah konsisten buat dibantu nerbitin buku/zine. Bantu-bantu ngorbitin mereka biar rejeki mereka lancar, ilmu yang dibagiin bisa bertambah, dan biar aku ngerasa seenggaknya udah bantu seniman buat tetep optimis dan terus bikin karya hehe 😀

Pokoknya kalo next aku udah eksekusi rencana ini, 100% semuanya bermula dari sini! Benih ide-idenya semua dari sini hehehe

Amin deh.

Share this post to your friends!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *